Rabu, 12 Oktober 2011

Alga Merah (Red Algae) Manfaat dalam Dunia Kecantikan


Alga merah atau Rhodophyta adalah salah satu filum dari alga berdasarkan zat warna atau pigmentasinya. Warna merah pada alga ini disebabkan oleh pigmen fikoeritrin dalam jumlah banyak dibandingkan pigmen klorofilkaroten, dan xantofil.
Alga ini pada umumnya banyak sel (multiseluler) dan makroskopis. Panjangnya antara 10 cm sampai 1 meter dan berbentuk berkas atau lembaran.
Beberapa alga merah memiliki nilai ekonomi sebagai bahan makanan (sebagai pelengkap minuman penyegar ataupun sebagai bahan baku agar-agar). Alga merah sebagai bahan makanan memiliki kandungan serat lunak yang baik bagi kesehatan usus.
Alga merah dapat menyediakan makanan dalam jumlah banyak bagi ikan dan hewan lain yang hidup di laut. Jenis ini juga menjadi bahan makanan bagi manusia misalnya Chondrus crispus (lumut Irlandia) dan beberapa genus PorphyraChondrus crispus dan Gigortina mamilosa menghasilkan karagen yang dimanfaatkan untuk penyamak kulit, bahan pembuat krem, dan obat pencuci rambut. Alga merah lain seperti Gracilaria lichenoidesEuchema spinosumGelidium dan Agardhiella dibudidayakan karena menghasilkan bahan serupa gelatin yang dikenal sebagai agar-agarGel ini digunakan oleh para peneliti sebagai medium biakan bakteri dan fase padat pada elektroforesis gel, untuk pengental dalam banyak makanan, perekattekstil, sebagai obat pencahar (laksatif), atau sebagai makanan penutup.

Alga Merah terkenal hebat melawan radikal bebas. Astaxanthine, zat aktif dalam alga Merah mengandung anti biotik 6000  kali lebih banyak daripada vitamin C dan 1000 kali lebih banyak daripada vitamin E. Selain itu Alga Merah juga berfungsi sebagai agen anti penuaan.


Oriflame mengembangkan Alga Merah sebagai alas bedak GIORDANI GOLD MINERAL THERAPY FOUNDATION. Mineral foundation berkilau dengan mineral laut yang meremajakan untuk corak kulit lebih cerah ketika digunakan dan setelah menghapusnya. 

1 komentar:

  1. Terima kasih infonya gan.
    Lumayan buat nambah wawasan.

    Parfum Ori
    Manfaat lain dari Parfum.

    ----------

    BalasHapus